RTan, Kegiatan Musyawarah Desa dan Nilai Religius Masyarakat Ngemplak Lor

Pati – Desa Ngemplak Lor merupakan desa yang masih menjunjung tinggi gotong royong dan kebersamaan antar warga. Salah satu kegiatan rutin yang menunjang sifat gotong royong dan kebersamaan adalah pertemuan rutin yang biasa disebut RT-nan. Kegiatan ini rutin dilakukan oleh masing – masing RT setiap sebulan sekali. Pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 19 dan 20 Januari 2018, TIM I KKN UNDIP Desa Ngemplak Lor mendapat kesempatan untuk mengikuti RT-nan di RT 03 / RW 01dan RT 01 / RW 02.

Berbeda dengan kegiatan RT yang dilakukan di kota, RT-nan di Desa Ngemplak Lor selalu diselipkan pengajian. Pengajian dilaksanakan sebelum musyawarah mengenai kegiatan RT. Hal ini juga mencerminkan religiusitas masyarakat Ngemplak Lor yang tinggi. Peserta yang datang dalam RT-nan tersebut adalah kepala desa, bapak – bapak dan perwakilan perangkat dari RT tersebut, Ketua RT serta TIM I KKN UNDIP. Kurang lebih ada sekitar 20 orang yang menghadiri RT-nan.

TIM I KKN UNDIP diberi kesempatan untuk berkenalan dan juga memaparkan sedikit program multi disiplin yang akan diselenggarakan di Desa Ngemplak Lor. Tidak hanya itu saja, perwakilan peserta KKN UNDIP dari Fakultas Kesehatan Masyarakat dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik diberi kesempatan untuk memberi penjelasan mengenai ilmu yang pernah mereka dapatkan. Perwakilan peserta KKN UNDIP dari FKM menjelaskan mengenai salah satu program pemerintah yakni GERMAS (Gerakan Masyarakat). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang mendorong masyarakat untuk melakukan olahraga, sederhana melalui kegiatan sehari – hari misalnya bersih – bersih rumah, jalan santai, jogging, dan lain-lain untuk mencegah Penyakit Tidak Menular (PTM) seperti diabetes, stroke, jantung.  Sedangkan perwakilan peserta KKN UNDIP dari FISIP Jurusan Hubungan Internasional menjelaskan mengenai organisasi Internasional dan sedikit membahas mengenai dampak globalisasi yang sedang terjadi.

Respon yang diberikan oleh masing – masing warga terhadap TIM I KKN UNDIP sangat positif. Masyarakat berharap dengan kehadiran TIM I KKN UNDIP, dapat membawa dapat positif untuk perkembangan dan kemajuan Desa Ngemplak Lor.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan